Akademik

KB - TK SANTA URSULA JAKARTA

Metode Pembelajaran KB A

Metode Pembelajaran Holistik berfokus pada stimulasi menyeluruh yang mencakup aspek fisik motorik, sosial emosional, bahasa, dan kognitif melalui bermain yang bermakna, aman, dan menyenangkan.

Aspek Fisik Motorik
Aspek Fisik Motorik

Metode Pembelajaran KB B

Pembelajaran KB B menggunakan model pembelajaran sentra, yaitu pendekatan yang menempatkan anak sebagai pusat kegiatan belajar melalui bermain yang bermakna. Proses pembelajaran diawali dan diakhiri dengan kegiatan ‘lingkaran’ (circle time) sebagai pijakan untuk mempersiapkan anak sebelum bermain serta merefleksikan pengalaman setelah bermain.

Model pembelajaran sentra di KB B meliputi:

Pengembangan nilai-nilai karakter Serviam

Kemampuan literasi dan numerasi dasar

Ekspresi kreatif melalui seni rupa, musik, dan gerak

Sosial-Emosional dan komunikasi

Selain pembelajaran berbasis sentra, KB B juga didukung oleh pengenalan bidang studi yang sesuai tahap perkembangan anak, yaitu:

  • Bahasa Inggris Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan secara menyenangkan melalui lagu, cerita, permainan, dan percakapan sederhana untuk memperkenalkan kosakata dasar dan melatih kemampuan komunikasi sejak dini.
Pengembangan nilai-nilai karakter Serviam
Kemampuan literasi dan numerasi dasar
Ekspresi kreatif melalui seni rupa, musik, dan gerak
Sosial-emosional dan komunikasi

Metode Pembelajaran TK A

Pembelajaran TK A menggunakan model pembelajaran sentra, yaitu pendekatan yang menempatkan anak sebagai pusat kegiatan belajar melalui bermain yang bermakna. Proses pembelajaran diawali dan diakhiri dengan kegiatan ‘lingkaran’ (circle time) sebagai pijakan untuk mempersiapkan anak sebelum bermain serta merefleksikan pengalaman setelah bermain.

Model pembelajaran sentra di TK A meliputi:

Pengembangan nilai-nilai karakter Serviam
Logika, Konstruksi, dan Kreativitas
Kemampuan literasi dan numerasi dasar
Ekspresi kreatif melalui seni rupa, musik, dan gerak
Sosial-emosional dan komunikasi
Eksplorasi dan sains sederhana

Selain pembelajaran berbasis sentra, TK A juga didukung oleh pengenalan bidang studi yang sesuai tahap perkembangan anak, yaitu:

  • Bahasa Inggris Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan secara menyenangkan melalui lagu, cerita, permainan, dan percakapan sederhana untuk memperkenalkan kosakata dasar dan melatih kemampuan komunikasi sejak dini.
  • Bahasa Mandarin Melalui lagu, gerakan, dan kegiatan interaktif, anak diperkenalkan pada kosakata dan ungkapan sederhana dalam Bahasa Mandarin untuk menumbuhkan rasa percaya diri berkomunikasi dengan bahasa asing.
  • Komputer Pembelajaran komputer bertujuan mengenalkan teknologi secara positif dan kreatif. Anak belajar menggunakan perangkat dasar seperti mouse dan keyboard melalui kegiatan bermain edukatif yang sesuai dengan usia.
 

Metode Pembelajaran TK B

Pembelajaran TK B menggunakan model pembelajaran sentra, yaitu pendekatan yang menempatkan anak sebagai pusat kegiatan belajar melalui bermain yang bermakna. Proses pembelajaran diawali dan diakhiri dengan kegiatan ‘lingkaran’ (circle time) sebagai pijakan untuk mempersiapkan anak sebelum bermain serta merefleksikan pengalaman setelah bermain.

Model pembelajaran sentra di TK B meliputi:

Pengembangan nilai-nilai karakter Serviam
Logika, Konstruksi, dan Kreativitas
Kemampuan literasi dan numerasi dasar
Ekspresi kreatif melalui seni rupa, musik, dan gerak
Sosial-emosional dan komunikasi
Eksplorasi dan sains sederhana

Selain pembelajaran berbasis sentra, TK B juga didukung oleh pengenalan bidang studi yang sesuai tahap perkembangan anak, yaitu:

  • Bahasa Inggris Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan secara menyenangkan melalui lagu, cerita, permainan, dan percakapan sederhana untuk memperkenalkan kosakata dasar dan melatih kemampuan komunikasi sejak dini.
  • Bahasa Mandarin Melalui lagu, gerakan, dan kegiatan interaktif, anak diperkenalkan pada kosakata dan ungkapan sederhana dalam Bahasa Mandarin untuk menumbuhkan rasa percaya diri berkomunikasi dengan bahasa asing.
  • Komputer Pembelajaran komputer bertujuan mengenalkan teknologi secara positif dan kreatif. Anak belajar menggunakan perangkat dasar seperti mouse dan keyboard melalui kegiatan bermain edukatif yang sesuai dengan usia.
  • Pembelajaran bersama Native Speaker Pembelajaran bersama Native Speaker mendukung kemampuan anak dalam mendengar dan menirukan pelafalan bahasa asing secara alami. Kegiatan dilakukan melalui percakapan sederhana, storytelling, dan aktivitas bermain yang interaktif.
 

Hubungi Kami

Lokasi

© 2025 Santa Ursula Jakarta